Kota Palu

Kota Palu


Palu adalah Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Palu merupakan kota yang terletak di Sulawesi Tengah, berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat dan Utara, Kabupaten Sigi di sebelah selatan, dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah timur. Kota Palu merupakan kota lima dimensi yang terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk. Koordinatnya adalah 0,35 – 1,20 LU dan 120 – 122,90 BT. Kota Palu dilewati oleh garis Khatulistiwa. Penduduk Kota Palu berjumlah 342.754 jiwa (2012).


kota-palu


Berikut adalah daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Kota Palu terdiri dari 8 Kecamatan dan 46 Kelurahan dengan luas wilayah 395,06 km² dan jumlah penduduk sebesar 363.867 jiwa dengan sebaran penduduk 921 jiwa/km².[1] Sebelumnya, Kota Palu terbagi atas 4 Kecamatan sesuai arah mata angin yaitu Kecamatan Palu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kecamatan Palu Utara dan Kecamatan Palu Selatan. Empat kecamatan baru yang mekar itu adalah Kecamatan Tatanga, Kecamatan Ulujadi, Kecamatan Mantikulore dan Kecamatan Tawaeli. Pemekaran ini sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2012 tentang pemekaran kecamatan.

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Palu, adalah sebagai berikut:
Mantikulore,Kawatuna Lasoani Layana Indah Poboya Talise Talise Valangguni Tanamodindi Tondo,
Palu Barat,Balaroa Baru Kamonji Lere Siranindi Ujuna
Palu Selatan, Birobuli Selatan Birobuli Utara Petobo Tatura Selatan Tatura Utara
Palu Timur, Besusu Barat Besusu Tengah Besusu Timur Lolu Selatan Lolu Utara
Palu Utara, Kayumalue Ngapa Kayumalue Pajeko Mamboro Mamboro Barat Taipa
Tatanga,Boyaoge Duyu Nunu Palupi Pengawu Tawanjuka
Tawaeli,Baiya Lambara Panau Pantoloan Pantoloan Boya
Ulujadi,Buluri Donggala Kodi Kabonena Silae Tipo Watusampu

Banggai,Luwuk .Banggai Kepulauan,Banggai Laut-Banggai, Buol-BuolDonggala,BanawaMorowali,Bungku Morowali Utara,Kolonodale ,Parigi Moutong Parigi,Poso Poso,Sigi Sigi Biromaru, Tojo Una-Una Ampana Tolitoli,Tolitoli, Kota Palu

0 Response to "Kota Palu "

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *