Kota Ambon

Kota Ambon

Kota Ambon adalah ibu kota dan kota terbesar dari Provinsi Maluku. Kota yang berdiri di selatan Pulau Ambon.  berawal dari pendirian sebuah benteng yang senantiasa menjadi pusat pertumbuhan kota.Kota ini didirikan oleh bangsa Portugis yang menamainya dengan istilah Nossa Senhora da Anunciada. Sejak zaman VOC dan Belanda, kota ini berkembang cepat sebagai pusat pembudidayaan dan perdagangan rempah, dan salah satu kota penting di Nusantara hingga sekarang berkedudukan sebagai ibu Kota Provinsi. Kini, kota ini berkedudukan sebagai kota yang dikepalai oleh wali kota dengan dewan perwakilan rakyat setempat sebagai penyelenggara bersamanya.

kota-ambon


Berikut adalah Daftar kecamatan dan kelurahan/desa di Kota Ambon, Provinsi Maluku, Indonesia, beserta informasi kependudukan, luas wilayah, Kodepos, dan kode BPS-nya. Kota Ambon adalah kota terbesar ke-38 di Indonesia dengan penduduk sebanyak 427.934 jiwa pada 2016[1] dan kota dengan luas wilayah terbesar ke-21 dengan luas wilayah daratan 359,45 km².[2] Karena kota merupakan bagian dari Provinsi Maluku, sebagian desa disebut dengan istilah negeri.

Kota Ambon terdiri dari 5 kecamatan, 20 kelurahan, 20 negeri (setingkat desa), dan 10 desa. Pada tahun 2017, jumlah penduduknya mencapai 375.760 jiwa dengan luas wilayah 298,61 km² dan sebaran penduduk 1.258 jiwa/km². 

Daftar kecamatan dan kelurahan di Kota Ambon, adalah sebagai berikut: Kode Wilayah Nama Kecamatan Ibu kota Jumlah Daftar Kelurahan, Negeri, dan Desa, Kelurahan Negeri Desa

  1. Nusaniwe Amahusu , Latuhalat, Seilale, Nusaniwe, Amahusu, Urimessing, Nusaniwe, Benteng, Wainitu, Kudamati, Mangga Dua, Urimessing, Waihaong, Silale. 
  2. Sirimau, Karang Panjang, Batu Merah, Hative Kecil, Soya, Galala, Ahusen, Amantelu, Batu Gajah, Batu Meja, Honipopu, Karang Panjang, Pandan Kasturi, Rijali, Uritetu, Waihoka. 
  3. Baguala Passo , Halong, Passo, Latta, Nania, Negeri Lama, Waiheru. Lateri
  4. Teluk Ambon Wayame, Hative Besar, Laha, Poka, Rumah Tiga, Tawiri, Hunuth/Durian Patah, Wayame, Tihu. 
  5. Leitimur Selatan Leahari , Ema, Hatalai, Hutumury, Hukurila, Kilang, Leahari, Naku, . 
Untuk derah seluruh kabupaten di Provinsi Maluku , Buru, Namlea, Buru Selatan, Namrole, Kepulauan Aru, Dobo, Maluku Barat Daya-Tiakur, Maluku Tengah, Masohi, Maluku Tenggara Langgur, Kepulauan Tanimbar, Saumlaki, Seram Bagian Barat, Piru, Seram Bagian Timur, Bula, Kota Ambon, Kota Tual

Artikel terkait tentang : Kota Provinsi 


0 Response to "Kota Ambon"

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *